Berhenti Merokok Hari Ini Menggunakan NLP




Rekomendasikan Artikel Artikel Komentar Cetak Artikel Bagikan artikel ini di Facebook Bagikan artikel ini di Twitter Bagikan artikel ini di Google+ Bagikan artikel ini di Linkedin Bagikan artikel ini di StumbleUpon 1Bagikan artikel ini di Delicious 1Bagikan artikel ini di Digg Bagikan artikel ini di Digg Bagikan artikel ini di Reddit Bagikan artikel ini di Penulis Pakar Pinterest Barry Lutz
NLP, atau pemrograman neuro-linguistik, adalah metode untuk membuat perubahan yang didasarkan pada pemodelan dan mereproduksi hasil yang diinginkan dan pola perilaku. NLP didasarkan pada gagasan bahwa persepsi mungkin miring atau disaring melalui hal-hal yang berbeda seperti indera, pengalaman pribadi, kepercayaan, dan nilai-nilai. Persepsi yang berubah ini memengaruhi cara orang bertindak. NLP memfasilitasi membuat perubahan dalam pemikiran dan tindakan sadar yang dikendalikan oleh persepsi bawah sadar.

NLP adalah tentang memahami bahwa setiap orang memiliki peta internal, atau pemrograman yang dipengaruhi oleh apa yang kita lihat dan apa yang kita katakan. Peta-peta ini tidak hanya dapat mempengaruhi perilaku, tetapi dapat membatasi persepsi tentang kemungkinan hasil dan solusi. NLP membantu memodifikasi persepsi individu, untuk mengganggu pola khas persepsi diikuti oleh perilaku, dan dengan ini perubahan dapat dilakukan.

NLP memberikan model untuk memahami pola pikiran bawah sadar Anda. Melalui pemodelan, seseorang dapat mereproduksi hal-hal yang dapat dilakukan orang lain dengan baik, serta memahami keyakinan Anda yang membatasi Anda, atau membuat Anda tidak melakukan perubahan.

NLP menggunakan penahan sebagai cara mengubah perilaku melalui kondisi pikiran Anda. Ini berfungsi dalam konteks yang sama dengan pengkondisian klasik - apakah Anda ingat pernah mendengar tentang anjing Pavlov? Pavlov akan menyediakan makanan untuk seekor anjing, yang pada gilirannya akan membuatnya mengeluarkan air liur. Namun, pada saat yang sama ia akan membunyikan bel. Setelah waktu anjing akan mengeluarkan air liur hanya dengan mendengar bel berbunyi - itu telah berlabuh dengan suara, yang pada gilirannya memberikan respon terkondisi.

Jadi, jangkar dapat dianggap sebagai rangsangan berbeda yang menghasilkan respons. Anda mungkin berjalan ke dapur seseorang dan mencium bau masakan yang segera membuat Anda memikirkan sesuatu sejak kecil. Atau Anda mungkin mendengar lagu lama dan segera mulai memikirkan pacar pertama Anda.

Ini semua adalah jangkar yang tidak disengaja, rangsangan disajikan secara acak, dan meskipun memicu perilaku, ini tidak dilakukan dengan sengaja. Namun, jangkar dapat dibuat untuk menghasilkan tindakan yang telah dikondisikan, misalnya bagaimana anjing dikondisikan untuk mengeluarkan air liur dari mendengar bel.

Sekarang pertimbangkan pemrograman dan penahan dalam konteks bagaimana Anda mulai merokok, juga dengan penggunaan pemodelan NLP untuk membuat perubahan perilaku melalui pemrograman ulang, dan dengan itu penghentian merokok. Mengapa Anda mulai merokok, apakah Anda pikir Anda baru bangun suatu pagi dan berkata bahwa Anda pikir Anda akan mulai merokok hari ini?

Jauh lebih mungkin, Anda mulai merokok karena secara tidak sadar datang untuk mewakili sesuatu yang Anda inginkan, dan tindakan menyalakan rokok membuat Anda terikat pada hasil itu. Misalnya, Anda percaya bahwa merokok akan membuat Anda rileks, atau sebagai anak kecil seseorang yang Anda pikir benar-benar merokok, jadi Anda berpikir bahwa dengan merokok Anda akan menjadi dingin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Penting untuk NLP (Bagian 1)

Program Sertifikasi Praktisi NLP